The Analysis of Scientific Literacy Availability in Physics Worksheets for Grade XI in Senior High Schools in Padang City
DOI:
https://doi.org/10.24036/ple.v1i4.107Keywords:
Availability Analysis, Worksheets, Scientific literacyAbstract
Penelitian ini membahas permasalahan literasi sains dalam pendidikan Indonesia, khususnya berfokus pada buku teks Fisika yang digunakan pada kelas XI Semester 1 di Kota Padang. Meskipun literasi sains diakui penting dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas, hasil penilaian PISA tahun 2015 dan 2018 menunjukkan adanya penurunan kemampuan literasi sains di kalangan pelajar Indonesia. Wawancara mengungkapkan adanya kesenjangan antara literasi sains di buku teks dan Kurikulum Revisi 2013, serta rendahnya nilai ujian nasional masuk perguruan tinggi (UTBK) di Padang, yang disebabkan oleh rendahnya literasi sains dalam materi pembelajaran. Analisis terhadap buku ajar di empat SMA di Padang menunjukkan variasi ketersediaan komponen literasi sains, dengan komponen konteks mempunyai persentase paling rendah. Dalam konteks ini, peningkatan kualitas buku teks Fisika perlu fokus pada aspek konteks, memastikan terlaksananya literasi sains dalam situasi dunia nyata, untuk meningkatkan pemahaman siswa dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan global yang semakin kompleks .
Downloads
References
Ambarwati, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek pada Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar untuk Meningkatkan Literasi Data Siswa SMA. UNS (Sebelas Maret University).
Antoni, A. M., Hidayati, H., Mufit, F., & Dewi, W. S. (2023). Pengembangan LKS Terintegrasi Literasi Saintifik untuk Penggunaan KIT Pratikum Fisika pada Materi Listrik Statis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 19029–19041.
Bellová, R., Melicherčíková, D., & Tomčík, P. (2018). Possible reasons for low scientific literacy of Slovak students in some natural science subjects. Research in Science & Technological Education, 36(2), 226–242. https://doi.org/10.1080/02635143.2017.1367656
Cansiz, N., & Cansiz, M. (2019). Evaluating Turkish science curriculum with PISA scientific literacy framework. Turkish Journal of Education, 8(3), 217–236. https://doi.org/10.19128/turje.545798
Dewi, C. A., Khery, Y., & Erna, M. (2019). An ethnoscience study in chemistry learning to develop scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 279–287. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.19261
Drummond, C., & Fischhoff, B. (2017). Individuals with greater science literacy and education have more polarized beliefs on controversial science topics. Proceedings of the National Academy of Sciences, 114(36), 9587–9592.
Effendi, D. N., Anggraini, W., Jatmiko, A., Rahmayanti, H., Ichsan, I. Z., & Rahman, M. M. (2021). Bibliometric analysis of scientific literacy using VOS viewer: Analysis of science education. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 12096. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012096
Effendi, E., Sinensis, A. R., & Firdaus, T. (2023). Peningkatan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika Melalui Pembuatan LKPD Berbasis Sosio Saintifik. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 7(1), 35–39.
Fakhriyah, F., Masfuah, S., Roysa, M., Rusilowati, A., & Rahayu, E. S. (2017). Student’s science literacy in the aspect of content science? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.7245
Fanata, M. R., & dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains, Gerakan Literasi Nasional. Kementrian Pendidikan dan kebudaya.
Henukh, A., Simbolon, M., Astra, I. M., & Rosdianto, H. (2021). Analysis of Students’ Science Literacy Ability on Heat Concept. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 6(2), 178–184. https://doi.org/10.26737/jipf.v6i2.2077
Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Ramdani, A., & Azizah, A. (2019). Profil literasi sains dan keterampilan berpikir kritis pendidik IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.185
Kemendikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas
KHOLIQ, A. B. D., & KHOIRIAH, M. U. (2020). Validitas perangkat pembelajaran fisika berbantuan e-book literasi sains pada materi fluida dinamis. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(1).
Maxwell, S., Reynolds, K. J., Lee, E., Subasic, E., & Bromhead, D. (2017). The impact of school climate and school identification on academic achievement: Multilevel modeling with student and teacher data. Frontiers in Psychology, 8, 2069. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.02069
Parwati, S., Purwana, U., & Nugraha, M. G. (2018). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Topik Fluida Dinamis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SINAFI), 173.
PISA, O. (2019). PISA 2018: Assessment and Analytical Framework. PISA, OECD Publishing Paris. https://www.oecd.org/education/pisa-2018-assessment-and-analytical-framework-b25efab8-en.htm
Purwani, L. D., Sudargo, F., & Surakusumah, W. (2018). Analysis of student’s scientific literacy skills through socioscientific issue’s test on biodiversity topics. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1), 12019. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012019
Sinaga, P., Kaniawati, I., & Setiawan, A. (2017). Improving secondary school students’ scientific literacy ability through the design of better science textbooks. Journal of Turkish Science Education, 14(4), 92–107. https://doi.org/https://doi.org/10.47939/es.v2i12.22
Tienken, C. H. (2017). Understanding PISA results. Kappa Delta Pi Record, 53(1), 6–8. https://doi.org/10.1080/00228958.2017.1264806
Yaner, A. A. (2023). Pengembangan LKS Terintegrasi Literasi Saintifik untuk Penggunaan IIC Praktikum Fisika pada Materi Fluida Statis. Universitas Negeri Padang.
Zalpita, E. (2020). Validasi LKS fisika bermuatan literasi saintifik pada materi fluida. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, 13(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Virell Bramasta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.