Validity and Practicality of Instrument Minimum Competency Assessment (AKM) Reading Literacy and Numeracy Literacy of High School Students on Temperature and Heat Material

Authors

  • Aulia Ulfa Universitas Negeri Padang
  • Desnita Desnita Universitas Negeri Padang
  • Festiyed Festiyed Universitas Negeri Padang
  • Emiliannur Emiliannur Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/ple.v3i3.275

Keywords:

Instrument, Minimum Competency Assessment (AKM), Reading Literacy, Numeracy Literacy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen asesmen kompetensi minimal (AKM) yang
valid secara teoritis, praktis, serta valid dan reliabel secara empiris. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE.
Data validitas diperoleh dari hasil validasi 3 dosen ahli Fisika FMIPA UNP,
data praktikalitas diperoleh dari guru dan siswa SMAN 13 Padang dan data uji coba terbatas diperoleh dari 25
siswa SMAN 13 Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan validitas instrumen, praktikalitas, dan
butir-butir instrumen AKM. Instrumen AKM ini telah tervalidasi dan dinyatakan valid dengan nilai rata-rata
0,95. Hasil uji praktikalitas oleh guru memperoleh rata-rata 94,66% dengan kategori sangat kuat
dan praktikalitas oleh siswa memperoleh nilai rata-rata 85,22% dengan kategori sangat kuat. Seluruh butir yang diuji
dinyatakan valid dan reliabel secara empiris. Reliabilitas instrumen AKM sebesar 0,913 dengan
kategori sangat tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen AKM dapat digunakan untuk mengukur
kemampuan literasi membaca dan literasi numerasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

L. Khairi and D. Desnita, “Conformity Level Analysis of Physics Daily Test Questions Based on Minimum Competency Assessment,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 9, no. 3, pp. 1283–1291, 2023, doi: 10.29303/jppipa.v9i3.2336.

Rosdiana, “Penerapan Dunia Pendidikan Dalam ‘Merdeka Belajar,’” J. Multidisiplin Ilmu Cahaya Bintang Cemerlang, p. 41, 2021.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran, AKM dan Implikasinya Pada Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud, 2020.

A. S. Hasibuan, “Penerapan Konsep Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Pada Siswa di Sekolah Menengah Pertama Swasta Budi Insani,” SAJJANA Public Adm. Rev., vol. 1, no. 2, pp. 1–6, 2023, doi: 10.32734/sajjana.v1i2.14749.

A. Winata, I. Seftia, R. Widiyanti, and S. Cacik, “Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science,” vol. 7, no. 2, pp. 498–508, 2021, doi: 10.31949/educatio.v7i2.1090.

K. Indra and A. Rahadyan, “Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI dalam Penyelesaian Soal Tipe AKM pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel,” Didact. Math., vol. 3, no. 2, pp. 84–91, 2021, doi: 10.31949/dm.v3i2.1810.

I. Sari, B. Surahman, and B. D. Wahyuni, “Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum ( AKM ) pada Materi Pythagoras Siswa Kelas VIII SMPN 11 Bengkulu Tengah,” J. Ilm. Penelit. Mandira Cendikia, vol. 2, pp. 1–12, 2024.

R. A. Sani, Pembelajaran Berorientasi AKM: Asesmen Kompetensi Minimum. Jakarta: Jakarta : Bumi Aksara, 2021.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Framework AKM. Jakarta: Kemendikbud, 2021.

D. M. Andikayana, N. Dantes, and I. W. Kertih, “Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Literasi Membaca Level 2 Untuk Siswa Kelas 4 Sd,” J. Penelit. dan Eval. Pendidik. Indones., vol. 11, no. 2, pp. 81–92, 2021.

A. Purnomo, A. Wiradimadja, S. S. Pratiwi, and N. F. Aristin, “Pendampingan dan Penyusunan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum untuk Guru IPS di Kabupaten Pacitan,” JPM (Jurnal Pemberdaya. Masyarakat), vol. 8, no. 1, pp. 65–71, 2023.

M. Aulia, K. Karim, and T. Hidayanto, “Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Numerasi Konteks Kearifan Lokal Kalimantan Selatan Untuk Siswa Sma,” EDU-MAT J. Pendidik. Mat., vol. 11, no. 1, p. 143, 2023, doi: 10.20527/edumat.v11i1.15505.

D. N. Resi, “Analisis kualitas soal penilaian tengah semester biologi dengan teori tes klasik dan Rasch model,” Bio-Pedagogi, vol. 13, no. 2, p. 63, 2023, doi: 10.20961/bio-pedagogi.v13i2.88075.

N. Z. Zuhri, S. Syihabuddin, and T. Tatang, “Analisis Validitas, Reliabilitas, dan Tingkat Kesukaran Soal Bahasa Arab Tingkat SMP Berbasis Artificial Intelligence (AI) melalui Platform QuestionWell,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Indones., vol. 4, no. 2, pp. 693–704, 2024, doi: 10.53299/jppi.v4i2.576.

S. Mulyani, J. Subando, and I. Nurhidayati, “Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Kelas Vii Mata Pelajaran Sirah Nabawiyah Di Madrasah Qur’Aniyah Al Husnayain Surakarta Tahun Pelajaran 2021/2022,” Al’Ulum J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 95–106, 2021, doi: 10.54090/alulum.112.

R. M. Branch, Instructional Design: The ADDIE Approach. In Department of Educational Phychology and Instructional Technology University of Georgia, 2009.

L. R. Aiken, “Three coefficient for analyzing the reliability and validity of ratings,” Educ. Psychol. Meas., vol. 45, pp. 131–141, 1985, doi: https://doi.org/10.1177/0013164485451012.

Riduwan and Sunarto, Pengantar Statistika (Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis). Bandung : Alfabeta, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Bandung : Alfabeta, 2012.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta, 2013.

N. L. Ibrahim, “Analisis Literatur Penggunaan Model Rasch untuk Validasi Instrumen Asesmen Pendidikan : Tren, Temuan, dan Implikasi,” Lencana J. Inov. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 46–60, 2025, doi: 10.55606/lencana.v3i2.5012.

Sukardi, Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012.

Suherman and Sukjaya, Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Bndung : Wijayakusumah, 1990.

S. Misda and M. Mukhlis, “Analisis Butir Soal Literasi Membaca Pada Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Siswa Smk,” LITERASI J. Ilm. Pendidik. Bahasa, Sastra Indones. dan Drh., vol. 13, no. 2, pp. 467–481, 2023, doi: 10.23969/literasi.v13i2.7589.

Downloads

Published

2025-09-27

How to Cite

Ulfa, A., Desnita, D., Festiyed, F., & Emiliannur, E. (2025). Validity and Practicality of Instrument Minimum Competency Assessment (AKM) Reading Literacy and Numeracy Literacy of High School Students on Temperature and Heat Material . Physics Learning and Education, 3(3). https://doi.org/10.24036/ple.v3i3.275