A Validity Analysis of Ethno-STEM Integrated E-SWS Development to Facilitate Students' Knowledge and Creative Thinking Skills

Authors

  • Cindy Yulia Putri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/ple.v3i3.239

Keywords:

E-SWS, Etnosains, STEM, Knowledge Ability, Creative Thinking

Abstract

Pengetahuan dan keterampilan berpikir kreatif merupakan unsur penting dalam pembelajaran abad 21. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pengetahuan dan keterampilan berpikir kreatif siswa masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan bahan ajar yang belum kontekstual dan belum mengaitkan konsep IPA dengan budaya lokal dan kehidupan sehari-hari. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan E-LKPD terintegrasi Etno-STEM sebagai bahan ajar inovatif yang memadukan unsur budaya lokal dengan pendekatan sains, teknologi, rekayasa, dan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis keabsahan E-LKPD terintegrasi Etno-STEM untuk memfasilitasi pengetahuan dan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi kalor. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Hannafin & Peck yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, desain, pengembangan, dan implementasi. Validasi dilakukan oleh tiga orang dosen fisika Universitas Negeri Padang (UNP) dengan menggunakan instrumen yang meliputi delapan komponen utama yaitu, substansi materi, tampilan komunikasi visual, desain pembelajaran, pemanfaatan perangkat lunak, integrasi etno-stem, kemampuan pengetahuan, dan keterampilan berpikir kreatif. Hasil validasi menunjukkan bahwa semua aspek memperoleh skor validitas tinggi dengan nilai 0,87 yang mengklasifikasikan E-SWS ini dalam kategori "valid". E-SWS dirancang dengan Canva dan disajikan melalui Liveworksheet yang memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan inovatif. Integrasi etno-STEM yang memadukan unsur budaya lokal dengan konsep sains, teknologi, rekayasa, dan matematika menciptakan pembelajaran kontekstual. Oleh karena itu, E-SWS yang dikembangkan dalam penelitian ini layak digunakan sebagai bahan ajar yang kreatif, inovatif, dan kontekstual sejalan dengan Kurikulum Merdeka dan pembelajaran abad 21.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. K. Hati and B. Setaji, “Pengembangan E-modul Fisika Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik,” J. Pendidik. Fis., vol. 11, pp. 5–24, 2024.

A. Maritsa, U. Hanifah Salsabila, M. Wafiq, P. Rahma Anindya, and M. Azhar Ma’shum, “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan,” Al-Mutharahah J. Penelit. dan Kaji. Sos. Keagamaan, vol. 18, no. 2, pp. 91–100, 2021, doi: 10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.

I. Nurhayati, K. Satum, E. Pramono, A. Farida, and U. M. Purwokerto, “Pengembangan E-LKPD Bermuatan STEM Terintegrasi Etnosains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid,” Jurnal Kajian Penelitian dan Kebudayaan., vol. 8, no. 1, pp. 44–53, 2024.

C. S. Monica, A. Asrizal , “Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Terintegrasi Etno-STEM untuk Membangun Keterampilan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Siswa,” Jurnal Pendidikan Tambusai (JPTam), vol. 8, no. 1, pp. 33651–33658, 2024.

S. U. Dila, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMAN 12 Sijunjung Program Studi Pendidikan Fisika,” Jurnal Pendidikan Tambusai (JPTam), vol. 8, pp. 27338–27345, 2024.

Sartini and R. Mulyono, “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mempersiapkan Pembelajaran Abad 21,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 8, no. 2, pp. 1348–1363, 2022, doi: 10.36989/didaktik.v8i2.392.

R. K. Hidayat, B. A. Novianti, and S. Subki, “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik Berbasis Kurikulum Merdeka,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 8, no. 2, pp. 1143–1151, 2023, doi: 10.29303/jipp.v8i2.1412.

E. A. Pratiwi, Z. Zulhaji, and A. Hajar, “Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa,” J. Pendidik. dan Profesi Kegur., vol. 2, no. 2, pp. 32-36, 2023, doi: 10.59562/progresif.v2i2.30263.

D. H. Siswanto, “Pengembangan e-LKPD pada Materi Relasi dan Fungsi dengan Model PAKEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif,” vol. 3, no. 03, pp. 118–132, doi: 10.56741/pbpsp.v3i03.684.

N. Nazifah, A. Asrizal, and F. Festiyed, “Analisis Ukuran Efek Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa,” J. Pijar Mipa, vol. 16, no. 3, pp. 288–295, 2021, doi: 10.29303/jpm.v16i3.2419.

D. N. Ahmad, G. Marhento, E. Gresinta, L. Setyowati, and A. Risdiana, “Pembelajaran Etnostem Dalam Mengaktifkan Kemampuan Berpikir Kreatif,” SINASIS., vol. 4, no. 1, pp. 8–11, 2023.

Haziatun Syakira, Ratnawati, and Lika Apreasta, “Pengembangan E-Lkpd Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Elemen Membaca Dalam Kurikulum Merdeka Di Kelas Iv Sekolah Dasar,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 9, no. 3, pp. 857–869, 2023, doi: 10.36989/didaktik.v9i3.1567.

T. Widiyanti and A. Fitrotun Nisa, “Pengembangan E-Lkpd Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar,” TRIHAYU J. Pendidik. Ke-SD-an, vol. 8, no. 1, pp. 1269–1283, 2021, doi: 10.30738/trihayu.v8i1.11136.

H. R. Widarti et al., “Analysis of content development in chemical materials related to ethnoscience: a review,” J. Educ. Learn., vol. 19, no. 1, pp. 422–430, 2025, doi: 10.11591/edulearn.v19i1.21210.

Y. Andayani, Y. A. S. Anwar, and S. Hadisaputra, “Pendekatan Etnosains dalam Pelajaran Kimia Untuk Pembentukan Karakter Siswa: Tanggapan Guru Kimia di NTB,” J. Pijar MIPA., vol. 16, no. 1, pp. 39–43, 2021, doi: 10.29303/jpm.v16i1.2269.

D. A. H. Putri, A. Asrizal, and U. Usmeldi, “Pengaruh Integrasi Etnosains Dalam Pembelajaran Sains Terhadap Hasil Belajar: Meta Analisis,” ORBITA J. Pendidik. dan Ilmu Fis., vol. 8, no. 1, p. 103-108, 2022, doi: 10.31764/orbita.v8i1.7600.

N. Rarastika, K. Nasution, M. C. Nainggolan, and D. Tarisya, “Efektivitas Pendekatan Berbasis STEM ( Science , Technology , Engineering , and Mathematics ) dalam Pembelajaran Matematika Abad ke-21,” J. Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial, vol. 3, no. 1, pp. 105-113, 2025.

A. Muttaqiin, “Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21,” J. Pendidik. MIPA, vol. 13, no. 1, pp. 34–45, 2023, doi: 10.37630/jpm.v13i1.819.

Sugiyono, “Statistik Untuk Penelitian Dr Sugiyono,” 2019.

S. Azwar, “Reabilitas dan Validitas,” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

L. R. Aiken, "Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings," Educ. Psychol. Meas., vol. 45, no. 1, pp. 131–142, 1985.

Kementerian Pendidikan Nasional, “Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK, ”Jakarta: Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan SMA, 2010.

F. Wulandari and M. Hanim, “Model Pembelajaran Inkuiri Terintegrasi Etno-STEM terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 12, pp. 10779–10786, 2023, doi: 10.54371/jiip.v6i12.3121.

L. W. Anderson and D. R. Krathwohl, “A taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives,” New York, NY: Longman, 2001.

M. I. Harisuddin, “Secuil Esensi Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Siswa,” Jakarta: PT. Panca Terra Firma, 2019.

I. Subari and I. S. Mercuriani, “Development of Etno-STEM Integrated Bioentrepreneur Electronic LKPD PjBL on Technology Innovation Material to Improve Creative Thinking Abilities and Entrepreneurial Interests of High School Students,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 10, no. 8, pp. 5718–5725, 2024, doi: 10.29303/jppipa.v10i8.8567.

S. Lestari, “Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi,” Edureligia; J. Pendidik. Agama Islam, vol. 2, no. 2, pp. 94–100, 2022, doi: 10.33650/edureligia.v2i2.459.

Downloads

Published

2025-09-27

How to Cite

Yulia Putri, C. (2025). A Validity Analysis of Ethno-STEM Integrated E-SWS Development to Facilitate Students’ Knowledge and Creative Thinking Skills. Physics Learning and Education, 3(3). https://doi.org/10.24036/ple.v3i3.239